Prinsip kami



Altruisme Efektif, yakni gerakan altruisme yang tidak hanya sekadar ‘beramal’.



Semua orang yang tergerak hatinya pasti beramal. Tetapi berapa banyakkah yang yakin bahwa amal mereka efektif?


Apakah semua sumbangan mampu menaikkan derajat hidup penerimanya? Jika iya, seberapa besarkah pengaruhnya (bila ada sama sekali!)? Apakah seratus ribu rupiah yang disumbang ke proyek peningkatan gizi lebih baik daripada seratus ribu rupiah yang dialirkan ke pembasmian parasit cacing di Afrika Sub-Sahara?


Jika proyek pembasmian cacinglah yang lebih memiliki dampak lebih besar dengan uang tersebut, organisasi manakah yang lebih efisien mengalirkan uang sumbangan tersebut? Organisasi mana yang biaya operasionalnya lebih kecil namun menghasilkan dampak yang lebih besar, dengan jumlah uang sumbangan yang sama?


Berdasarkan pertanyaan-pertanyaan itulah kami ADA. Agar uang sumbangan Anda bergerak lebih giat menyelamatkan umat manusia!


Untuk mengetahui lebih jelas prinsip ini, kami telah menyediakan rujukan ke berbagai situs dan buku yang mampu menjelaskan lebih detil mengapa prinsip ini lebih rasional, lebih efektif, dan berdasarkan pengetahuan sosial terkini.





Siapa sajakah yang mengikuti prinsip ini?



Peter Singer mungkin adalah satu dari sekian banyak orang ternama yang memelopori bidang ini. Berkat buku dan TED-talk-nya, ia melahirkan gerakan yang sekarang diikuti banyak orang di negara-negara maju*.


Catatan kaki:

Perbedaan kami adalah: kami bukan utilitarian. Kami tidak berpikir bahwa setiap seratus ribu rupiah yang kami keluarkan harus selalu dibandingkan efektivitasnya dalam membasmi kemiskinan. Jika seseorang harus memberi seratus ribu rupiah kepada seorang cacat di negara dengan biaya hidup tinggi seperti Singapura hanya karena ia tergerak untuk menyumbang ke sana, kami mengerti.


Kami mengerti bahwa setiap orang berhak dan harus memberikan sumbangan di mana mereka merasa tergerak. Setiap insan memiliki keterdekatannya dengan isu-isu yang mereka nilai lebih, dan itu kami hargai. Tetapi di mana ada sumbangan yang ia mampu alihkan, kami tetap menyarankan untuk menyumbang ke isu-isu di mana dunia paling membutuhkan dan dengan biaya yang sekecil mungkin.